Make up glossy semakin diminati pada 2024
Fashion

Bogor Punya Perusahaan Jasa Maklon Kosmetik Jempolan! Ini Bocorannya

Aziz Rahardyan
Jumat, 23 Februari 2024 - 11:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jasa maklon telah membawa banyak merek kosmetik lokal semakin kompetitif dengan jenama internasional.

Mulai dari parfum, skincare, hair care, hingga make up, muncul produk besutan anak bangsa yang berhasil mendominasi pasar. Keberadaan produk lokal tersebut juga tidak lepas dari kemahiran para perusahaan maklon.

Istilah maklon merujuk pada jasa pengolahan produk yang dilakukan oleh pihak lain. Umumnya, jasa ini identik dengan pengadaan produk seperti baju atau kosmetik.

Untuk terus mendukung industri maklon, Istri Wakil Walikota Bogor yang dikenal sebagai Tokoh Bunda Peduli Stunting, Yantie Dedie Rachim mengapresiasi pabrik maklon kosmetik lokal asal Cibinong, Kabupaten Bogor, PT Athena Royal Kosmetika (ARK)

"Saya mengajak para Business Owner, khususnya yang punya bidang kecantikan untuk datang ke Athena Royal Kosmetika dan menjadi mitra bisnis. Karena di sini tidak perlu repot-repot mengurus produksi, legalitas dan formula produknya. Semua akan dikerjakan oleh tim yang sudah berpengalaman," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

Yantie melihat langsung proses pembuatan produk dan bertemu dengan para karyawan.

Perusahaan pun telah membuktikan diri bersertifikasi BPOM dan Halal, di mana berbagai produk skincare, bodycare, haircare hingga makeup decorative telah menjadi salah satu rujukan produsen kosmetik lokal di Kota Bogor.

Menurutnya, para pemilik bisnis kini mendapatkan kemudahan dengan adanya kehadiran jasa maklon tersebut. Namun menurutnya yang terpenting adalah mendorong penggunaan produk lokal agar terus eksis dan bersaing.

Terlebih, saat ini masyarakat sebagai konsumen juga tidak sedikit berpaling dan mendukung keberadaan produk lokal ini. Pemerintah sendiri juga tidak tinggal diam dan terus menggalakkan penggunaan produk buatan Tanah Air, seperti yang digaungkan Kementerian Perindustrian.

Tata cara layanan maklon yang disediakan ARK yang pertama adalah konsultasi pengembangan produk, kemudian registrasi kosmetika, desain kemasan, dan bonus video produksi.

ARK mengklaim memiliki tingkat kepuasan klien mencapai 95%, di mana sisi kecepatan produksi diberi jempol oleh 75% total klien, kemudian kelengkapan fasilitas 87%, dan proyek sukses sesuai permintaan mencapai 98% dari total.

"Mari dukung kemajuan industri kosmetika di Indonesia, bangga dan cintai produk dalam negeri," tutup Yantie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro