Alpukat bisa meredakan nyeri dan kram menstruasi/boldsky.com
Health

Ini Makanan yang Bisa Redakan Kram Perut Saat Menstruasi

Redaksi
Selasa, 27 Februari 2024 - 14:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua wanita  akan mengalami menstruasi dalam hidupnya. Simak cara mengatasi kram perut saat menstruasi. 

Ketika mengalami menstruasi, banyak wanita yang mengalami nyeri atau kram pada bagian perut. Kram perut bisa terjadi saat menstruasi dikarenakan adanya kontraksi pada bagian otot-otot rahim.

Dilansir dari Indianexpress.com, Selasa (27/2/2024), pola makan akan mempengaruhi rasa kram saat menstruasi, pola makan yang benar dapat meredakan rasa kram.

Makanan yang bisa dikonsumsi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat, rempah-rempah dan makanan yang kaya akan kalsium.

Simak makanan yang dapat meredakan kram perut saat menstruasi:

1. Alpukat

Buah alpukat dapat membantu perempuan yang menstruasi untuk mengatasi rasa kram pada saat menstruasi. Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat yakni lemak omega yang berguna untuk mengurangi rasa kram dan adapun kandungan magnesium yang dapat membantu melemaskan otot-otot Anda.

2. Pisang

Buah pisang sangat mudah untuk ditemukan, buah ini dapat membantu Anda yang mengalami kram ketika menstruasi. Pisang mempunyai banyak kandungan sehat yang baik untuk tubuh, salah satunya yakni magnesium yang dapat berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat kram pada perut.

Ketika sedang menstruasi, Anda juga dapat mengalami kembung yang menyebabkan rasa sakit pada bagian perut. Kandungan serat dalam pisang akan membantu Anda untuk melancarkan sistem pencernaan yang terganggu akibat kembung yang dialami.

3. Brokoli

Brokoli menjadi makanan yang terbaik untuk mengatasi perut kram Anda. Kandungan didalamnya dapat mengatasi kram perut, kandungan serat dan zat besi dalam brokoli dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat kram.

Nutrisi yang ada dalam brokoli juga dapat membantu mengatasi rasa nyeri terutama pada bagian bawah perut.

4. Jahe

Jahe sering ditemui di beberapa makanan yang digunakan sebagai bumbu atau didalam minuman untuk menghangatkan tubuh ini, ternyata juga dapat bermanfaat untuk para wanita yang mengalami kram saat menstruasi.

Penelitian Journal of Obstetrics & Gynecology Science pada 2019 menyatakan bahwa jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa mual dan menenangkan perut ketika menstruasi.

5. Kunyit

Para wanita yang sering mengkonsumsi jamu kunyit asam saat menstruasi dapat mengatasi rasa kram sebelum menstruasi dan saat menstruasi karena mempunyai kandungan senyawa yakni kurkumin yang berguna sebagai pereda nyeri.

6. Almond, Kacang Mete, dan Kenari

Kacang-kacangan mempunyai banyak kandungan mineral serta lemak tak jenuh yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bagi, Anda yang suka mengkonsumsi almond dan kacang mete harus mengetahui manfaatnya, almond dan kacang mete mempunyai kandungan magnesium yang dapat mengurangi nyeri saat menstruasi. 

Adapun, jenis kacang-kacangan lain yang dapat mengatasi kram perut, yakni kacang kenari. Kacang ini memiliki asam lemak omega yang dapat mengurangi produksi prostaglandin dan mengurangi rasa kram perut.

7. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi sangat beragam dan makanan fermentasi berguna untuk mengatasi kram saat menstruasi. Makanan fermentasi seperti kimchi, asinan kubis, kombucha dan yogurt dapat Anda konsumsi ketika menstruasi.

Makanan di atas mempunyai kandungan probiotik yang berguna untuk kesehatan usus, dalam makanan fermentasi juga terdapat bakteri baik yang mampu menyeimbangkan mikrobioma usus dan mengatur metabolisme. Makanan fermentasi juga mempunyai kandungan kalsium rendah, yang dapat berguna meredakan kontraksi pada otot dan rasa kram. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : Womens Healthmag & Flo.health
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro