Ilustrasi wanita tidur nyenyak. Cek posisi tidur yang baik dan sehat, agar tidak keriput/Freepik
Health

Posisi Tidur yang Sehat, Bisa Kurangi Nyeri dan Mencegah Penuaan

Redaksi
Selasa, 27 Februari 2024 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkan Anda mengalami sakit yang disebabkan karena posisi tidur yang salah? Posisi tidur akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Jika, posisi tidur salah akan menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Dilansir dari Realsimple.com, Selasa (27/2/2024), Anda akan menghabiskan kurang lebih 7 sampai dalam 8 jam untuk tidur. Waktu tidur ini akan berdampak bagi kesehatan Anda.

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan beberapa masalah seperti nyeri pada bagian tubuh, dengkur saat tidur dan juga mempengaruhi kesehatan kulit wajah Anda.

Simak posisi tidur yang baik untuk kesehatan:

1. Terlentang 

Sebagian orang nyaman jika tidur dalam posisi terlentang. Tidur terlentang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan Anda.

Bagi, Anda yang mempunyai masalah nyeri pada punggung, leher, dan bahu posisi tidur terlentang dianjurkan untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

Rasa nyeri dapat berkurang dengan posisi ini karena saat tidur dengan posisi terlentang bagian tubuh seperti kepala, leher dan tulang belakang akan sejajar, sebab yang membuat nyeri pada tubuh diakibatkan karena posisi tidur yang tidak sejajar.

2. Bintang laut (terlentang posisi tangan disamping kepala)

Posisi bintang laut yakni posisi tidur terlentang dengan kedua tangan berada disamping kepala. Posisi ini baik untuk kesehatan kulit wajah yakni dapat mencegah penuaan.

Bila Anda tidur dengan posisi terlentang maka akan mencegah keriput pada kulit Anda. Sebab, saat Anda tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap akan memberikan tekanan yang menyebabkan kerutan.

Tidak hanya itu saja, tidur terlentang juga mempunyai manfaat lain bagi kulit Anda, yakni mencegah kulit berjerawat, karena posisi terlentang wajah Anda tidak akan terkena bakteri dari bantal atau kasur yang digunakan.

3. Menyamping

Posisi tidur menyamping dapat membantu menjaga saluran udara tetap terbuka dan memudahkan pernapasan saat tidur. Jika Anda mempunyai masalah pada pencernaan, posisi tidur menyamping sangat dianjurkan karena dapat membantu meringankan masalah pencernaan dan mulas pada perut Anda. 

Tidur menyamping dengan posisi tangan disamping bermanfaat untuk kesehatan tulang Anda, posisi ini dapat menopang tulang belakang yang dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan leher.

Posisi ini juga dapat berguna bagi Anda yang sering mendengkur, posisi menyamping dapat mengurangi resiko dengkur saat tidur.

Bagi wanita hamil disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping kekiri, posisi ini dapat membantu ibu hamil dalam meningkatkan sirkulasi pada janin. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro