Resep ketupat/Istimewa
Kuliner

Tips Membuat Ketupat Enak, Beserta Makanan Pendamping Ketupat Saat Lebaran

Redaksi
Selasa, 2 April 2024 - 16:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membahas mengenai hari raya, tentunya tidak asing dengan hidangan ketupat. Hidangan yang disajikan saat perayaan Lebaran ini, menjadi salah satu ciri khas yang selalu ada dari tahun ke tahun.

Ketupat merupakan hidangan yang terbuat dari beras yang dibalut dengan daun kelapa. Dimasak dengan cara direbus, dan memiliki tekstur yang kenyal. Hidangan ini banyak digemari oleh banyak orang, dari kalangan anak-anak hingga orang tua.

Ketupat ini memiliki filosofi 'ngaku lepat' yang berarti mengakui kesalahan. Ketupat juga dijadikan sebagai simbol maaf, sesuai dengan prosesi sungkeman yang selalu ada setiap perayaan Lebaran.

Hal ini yang mengakibatkan ketupat selalu ada di setiap rumah warga saat hari Lebaran. Tentunya ketika Anda makan ketupat, hal yang diinginkan adalah ketupat yang matang merata, kenyal, dan tidak bau. Beberapa permasalahan ini yang sering muncul saat pembuatan ketupat berlangsung.

Untuk menghasilkan ketupat yang bagus, Anda perlu memahami beberapa resep dan tips supaya ketupat yang dibuat tidak gagal. Melansir dari kanal youtube Dapur Bunda Keysha, resep ketupat anti gagal adalah

Bahan:

1. Beras pera 1 kg
2. Air secukupnya
3. Daun kelapa (Kelontong) secukupnya

Cara Membuat:

1. Rendam kelontongan ketupat dalam air
2. Cuci beras dan rendam beras dalam air
3. Tiriskan beras, lalu masukkan beras kedalam kelontong ketupat tersebut. Isi beras dari bagian ujung.
4. Isi ¾ beras dalam kelontong ketupat
5. Tutup kembali bagian ujung ketupat
6. Ikat ketupat satu sama lain, satu ikatan terdiri dari 5 ketupat
7. Rebus air hingga mendidih
8. Masukkan ketupat dalam rendaman air selama 15 menit. 9. Pastikan ketupat dalam keadaan tenggelam.
9. Matikan kompor, dan jangan buka tutup pada panci.

10. Diamkan selama 30 menit.
11. Kemudian nyalakan api, tunggu hingga mendidih.
12. Hitung selama 15 menit setelah mendidih. Jika sudah, matikan dan tunggu selama 10 menit.
13. Angkat ketupat, lalu gantungkan ketupat pada tali, tunggu hingga tiris
14. Setelah tiris, ketupat siap dimakan

Tips anti gagal ini dihasilkan dari proses memasak yang tepat dengan cara variasi waktu 15-30-15-10. Cara memasak ketupat tidak membutuhkan waktu yang lama tetapi membutuhkan cara yang tepat. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam, Anda dapat membuat ketupat anti gagal dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

Ketupat dapat dimakan dengan tambahan menu pendamping yang khas saat perayaan Lebaran.

Simak rekomendasi menu pendamping untuk ketupat saat Lebaran yaitu:

1. Sayur lodeh

Sayur yang khas dibuat dengan kuah santan dan sayuran yang pas, cocok dipadukan dengan potongan ketupat. Identik dengan cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, membuat hidangan satu ini menjadi salah satu hidangan unik ketika Anda bosan untuk memakan daging.

2. Gulai sapi

Gula sapi memiliki citarasa yang gurih dan pedas ditambah dengan potongan daging serta jeroan sapi. Gulai cocok dikatakan sebagai menu pendamping karena elemen yang terdapat didalamya, sangat cocok dimakan bersama ketupat. Cara makan gulai dan ketupat yang tepat adalah dengan tambahan acar serta kerupuk.

3. Rendang

Makanan khas Minang ini kaya akan rempah dan citarasa pedas, gurih, dan manis yang pas. Umumnya rendang dimasak selama sekitar 8 jam untuk menghasilkan daging yang empuk.

Dimakan bersama ketupat, membuat rendang menjadi salah satu makanan terenak nomor 1 di dunia. Hal ini yang membuat banyak orang tidak pernah absen untuk memasak rendang di hari raya.

4. Sate

Sate merupakan hidangan yang berasal dari Madura. Umumnya, sate Terbuat dari daging sapi, kambing, maupun ayam, dan dimakan bersama dengan potongan lontong. Tidak hanya lontong, ketupat juga menjadi menu pelengkap yang tepat untuk makan sate.

Dimakan bersama lontong maupun ketupat, keduanya memiliki citarasa dan bahan dasar yang sama.

5. Semur daging

Semur daging memiliki citarasa yang unik perpaduan manis dan pedas. Makanan pendamping ini cocok dimakan bersama nasi dan ketupat. Namun, karena momen Lebaran, ketupat adalah opsi yang paling tepat dimakan bersama dengan semur daging.

Lebaran sudah didepan mata. Bagi Anda yang mencari tips, cara, maupun tutorial membuat ketupat anti gagal, maka pahami penjelasan di atas.Tanpa pikir panjang, silahkan coba resep dan cara tersebut, serta sediakan menu pendamping yang cocok dimakan bersama ketupat saat Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro