Alat tes kehamilan. Pria dan perempuan bisa melakukan tes kesuburan  sebelum menikah
Health

8 Makanan Berserat Tinggi Cegah Sembelit Saat Hamil

Redaksi
Sabtu, 8 Juni 2024 - 17:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ibu hamil membutuhkan asupan serat yang cukup setiap harinya, agar tidak mengalami masalah kesehatan pencernaan seperti sembelit.

Dilansir dari usenourish.com dan momjunction.com, sembelit yang dialami ibu hamil disebabkan karena perubahan hormon, perubahan aktivitas fisik, dan asupan suplemen kehamilan. 

Karena itu, serat mempunyai peran penting dalam mengatasi dan mencegah sembelit selama kehamilan. Adapun manfaat lain seperti membantu ibu hamil kenyang lebih lama tanpa mengonsumsi kalori ekstra, mengatur gula darah, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Ibu hamil dapat dengan mudah memenuhi asupan serat hariannya sebanyak 28 gram, dengan mengonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. 

Makanan Cegah Sembelit Saat Hamil

1. Kacang almond

Almond mempunyai kandungan tinggi nutrisi seperti asam lemak omega 6, magnesium, dan riboflavin, yang dibutuhkan para ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan perkembangan janin.

Karena itu, kacang almond dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai cemilan sehat selama masa kehamilan.

2. Kacang polong

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi setengah gelas kacang polong, karena mengandung serat larut dan tidak larut sebanyak 4,4 gram yang dapat memperlancar sistem pencernaan. 

Selain itu, kacang polong juga memiliki nutrisi tinggi seperti mangan, asam folat, vitamin A, vitamin C, tiamin, dan protein. Semua kandungan ini, berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan ibu dan janin.

3. Kacang merah

Kacang merah memiliki kandungan serat, zat besi, mangan, fosfor, magnesium, dan asam folat, yang dapat membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi kacang merah sebanyak 1/2 gelas untuk menjaga kesehatan tubuh dan perkembangan janin secara optimal.

4. Bayam

Bayam mengandung kaya serat, asam folat, mangan, magnesium, vitamin A, dan vitamin K. Semuanya, berkontribusi dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan.

Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi bayam juga memiliki risiko lebih rendah mengalami cacat kelahiran, anemia, hipertensi, dan meningkatkan kesehatan tulang serta gigi.

5. Alpukat

Alpukat ukuran sedang mempunyai kandungan serat tinggi sekitar 10 gram, yang dibutuhkan ibu hamil untuk memperbaiki sistem pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih tahan lama.

Selain itu, alpukat memiliki nutrisi seperti magnesium, folat, lemak sehat, dan kalium, semuanya berkontribusi dalam meningkatkan tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu secara keseluruhan.

6. Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan serat pektin dan flavonoid, yang dibutuhkan para ibu untuk mengatasi sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan selama masa kehamilan.

Penelitian menunjukkan, jeruk memiliki naringenin yang secara efektif dapat memperlancar pengeluaran cairan dan racun dalam tubuh.

7. Buah naga

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi buah naga untuk mengatasi sembelit yang dialami. Karena, buah ini mengandung tinggi serat dan vitamin yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Buah naga juga mempunyai vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Semua kandungan ini, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, memperkuat tulang, dan menurunkan risiko cacat lahir.

8. Pir

Pir mengandung serat, sorbitol, dan fruktosa yang sudah terbukti efektif dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pir bekerja dengan mengoptimalkan pergerakan usus, sehingga dapat memperlancar proses buang air kecil maupun air besar.

Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi pir memiliki risiko lebih rendah mengalami kram perut, cacat lahir, dan osteoporosis pasca melahirkan. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro