Ilustrasi Ibu Hamil. Bisnis
Health

Ini Makanan yang Bisa Cegah Risiko Anak Lahir Autis

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 7 September 2024 - 16:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan telah mengidentifikasi makanan tertentu yang dapat mengurangi risiko autisme pada anak jika dikonsumsi selama kehamilan.

Dilansir dari dailymail, sebuah studi baru yang didukung oleh National Institutes of Health menemukan bahwa mengonsumsi ikan setidaknya sebulan sekali saat hamil menurunkan peluang tersebut sebesar 20 persen.

Tim peneliti menyarankan bahwa mengonsumsi ikan selama kehamilan dapat mengurangi risiko seorang anak didiagnosis autisme dan menurunkan kemungkinan mereka mengembangkan sifat-sifat terkait autisme di kemudian hari.

Hal ini mungkin disebabkan ikan memiliki asam lemak omega-3 alami dan nutrisi penting lainnya seperti yodium, zat besi, dan seng yang penting untuk perkembangan otak, bicara, dan pendengaran bayi.

Gangguan spektral autisme (ASD) adalah disabilitas perkembangan yang dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan orang lain.

Penderita autisme juga kesulitan memahami komunikasi verbal dan nonverbal termasuk nada suara, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah seseorang.

Para ilmuwan belum mengetahui apa penyebab gangguan ini dan belum menemukan pengobatannya, namun diagnosis dini sangat penting untuk membantu anak menjalani kehidupan yang lebih baik.

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Universitas Drexel menganalisis hampir 4.000 wanita untuk penelitian tersebut.

Peserta ditanya tentang konsumsi ikan dan penggunaan suplemen minyak ikan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Pola makan tinggi lemak selama kehamilan merusak sistem kekebalan bayi - 'membuat mereka rentan terhadap penyakit parah di kemudian hari'

Sekitar 1.377 wanita melaporkan bahwa mereka tidak makan ikan sama sekali selama hamil.

Namun, tim tidak menemukan hubungan yang sama antara rendahnya risiko autisme dan konsumsi suplemen asam lemak omega-3

Studi tersebut mengatakan bahwa ada beberapa kemungkinan penjelasan mengapa suplemen omega-3 tidak bermanfaat seperti konsumsi ikan dengan menyebutkan perbedaan jumlah paparan langsung nutrisi dalam pil versus konsumsi alami.

Tim juga menyarankan bahwa suplemen mungkin memiliki bahan tambahan atau kontaminan dibandingkan dengan yang ada pada ikan, atau bisa juga 'peran nutrisi bermanfaat lainnya pada ikan, seperti selenium, yodium, zat besi, atau vitamin D, yang bekerja sendiri atau dalam kombinasi dengan [omega. -3].

Badan Pengawas Obat Federal (FDA) mengatakan ada juga bukti kuat yang menunjukkan adanya manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi ikan selama kehamilan.

Hal ini mencakup peningkatan kesehatan jantung dan tulang, penurunan risiko anak menjadi kelebihan berat badan atau obesitas, serta penurunan risiko kanker usus besar dan dubur.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro