Berkeringat pada malam hari/Istimewa
Health

11 Tanda Penyakit Jantung: Sakit Dada, Berkeringat, hingga Mengorok

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 6 September 2021 - 21:21
Bagikan

Batuk, Berkeringat, hingga Mengorok

6. Anda Mudah Lelah

Jika Anda tiba-tiba merasa lelah atau lelah setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak sulit Anda lakukan, seperti menaiki tangga atau membawa barang belanjaan dari mobil, segera buat janji dengan dokter Anda.

"Jenis perubahan signifikan ini lebih penting bagi kami daripada setiap rasa sakit dan nyeri yang mungkin Anda rasakan," kata Bufalino.

Kelelahan ekstrem atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama bagi wanita.

7. Mengorok

Mengorok sebentar saat Anda tidur adalah hal yang normal. Namun, jika Anda mendengkur keras yang terdengar seperti terengah-engah atau tersedak bisa menjadi tanda sleep apnea. Saat itulah Anda berhenti bernapas untuk saat-saat singkat beberapa kali di malam hari saat Anda masih tidur. Ini memberi tekanan ekstra pada jantung Anda.

Dokter Anda dapat memeriksa apakah Anda memerlukan studi tidur untuk melihat apakah Anda memiliki kondisi ini. Jika ya, Anda mungkin memerlukan mesin CPAP untuk memperlancar pernapasan saat Anda tidur.

8. Berkeringat

Berkeringat dingin tanpa alasan yang jelas bisa menandakan serangan jantung. Jika ini terjadi bersamaan dengan gejala lain ini, hubungi dokter dan segera pergi ke rumah sakit. Jangan mencoba menyetir sendiri!

9. Batuk Tidak Berhenti

Dalam kebanyakan kasus, batuk hebat bukan tanda masalah jantung. Namun, jika Anda memiliki penyakit jantung atau tahu Anda berisiko, berikan perhatian khusus pada kemungkinan batuk yang tidak berhenti.

Jika Anda mengalami batuk berkepanjangan yang menghasilkan lendir putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi tuntutan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru. Minta dokter Anda untuk memeriksa apa yang menyebabkan batuk Anda.

10. Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak

Ini bisa menjadi tanda bahwa jantung Anda tidak memompa darah seefektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan kembung.

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan air dan natrium ekstra dari tubuh, yang dapat menyebabkan kembung.

11. Detak Jantung Tidak Teratur

Itu normal bagi jantung Anda untuk berpacu ketika Anda gugup atau bersemangat atau melompat atau menambahkan detak sesekali. Jika Anda merasa jantung Anda berdetak lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, beri tahu dokter Anda.

"Dalam kebanyakan kasus, ini disebabkan oleh sesuatu yang mudah diperbaiki, seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidur. kadang-kadang, itu bisa menandakan suatu kondisi yang disebut fibrilasi atrium yang membutuhkan perawatan. Jadi mintalah dokter Anda untuk memeriksanya," ujar Buffalino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro