Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

8 Kebiasaan Sehari-hari untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Berikut 8 strategi untuk meningkatkan kesehatan mental Anda yang bisa Anda terapkan sehari-hari.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  20:21 WIB
Kesehatan mental - istimewa
Kesehatan mental - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kesehatan mental adalah konsep yang banyak dibahas akhir-akhir ini. Kesehatan mental adalah tentang fungsi otak Anda dan semua yang memengaruhinya.

Kesehatan mental termasuk kesejahteraan psikologis, sosial, kesehatan emosional, serta kemampuan Anda untuk menangani, dan mengatur emosi Anda.

Banyak faktor yang berperan dalam kesehatan mental, beberapa di antaranya tidak dapat Anda kendalikan, seperti genetika, pengalaman hidup, dan riwayat keluarga. Kemampuan yang Anda miliki untuk mempengaruhi kesehatan mental Anda adalah kuncinya.

Berikut 8 strategi untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, dilansir dari Health Line:

1. Tidur nyenyak

Selain untuk kesehatan fisik, ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kualitas tidur Anda juga penting karena tidur yang terganggu dapat menyebabkan gejala kesehatan mental. Hindari kafein setelah jam 3 sore dan jadikan kamar tidur Anda menjadi ruang yang tenang, santai, dan bebas dari kekacauan.

2. Kurangi penggunaan media sosial

Terus-menerus mengkonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain dapat menyebabkan seseorang membandingkan diri mereka sendiri dan meningkatkan perasaan rendah diri, yang meningkatkan perasaan cemas dan depresi. Untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial, cobalah untuk simpan ponsel Anda di laci atau di luar kamar tidur Anda saat tidur.

3. Perkuat hubungan Anda

Manusia adalah makhluk sosial, dan hubungan yang kuat dapat memiliki pengaruh positif pada kesehatan mental Anda dalam berbagai cara. Persahabatan dapat meredakan perasaan kesepian dan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan dukungan emosional.

4. Gerakkan tubuhmu dengan caramu sendiri

Olahraga menawarkan berbagai manfaat kesehatan mental, termasuk menghilangkan stress, mengangkat suasana hati, membantu Anda tertidur lebih cepat serta tidur lebih lama, dan membantu Anda mengelola gejala kondisi depresi dan kecemasan. Gerakan dapat melibatkan sesuatu yang berbeda untuk setiap orang, dan itu tidak harus berarti pergi ke gym. Anda bisa mencoba berlari, jalan kaki, yoga, atau pesta dansa.

5. Nikmati makanan kaya nutrisi

Makanan tertentu juga dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda. Untuk mendukung peningkatan kesehatan mental, coba kembangkan pola makan Anda saat ini dengan memasukkan makanan yang dikemas dengan nutrisi peningkat suasana hati seperti berry, pisang, kacang polong, biji-bijian utuh, dan ikan berlemak seperti salmon.

6. Tahu kapan harus bersantai

Jika langkah-langkah sebelumnya terasa terlalu membebani dan berat, coba dengan hal kecil dengan santai yang menjadi rutinitas. Baik itu merapikan tempat tidur, minum segelas air di pagi hari, atau menulis di jurnal, membuat janji harian ini kepada diri sendiri akan membantu untuk akhirnya menjadi kebiasaan, dan Anda akan mulai merasa berdaya.

7. Luangkan waktu untuk istirahat

Coba untuk berbaring telentang dengan tangan di samping, kemudian rentangkan kaki Anda. Pikirkan untuk menjadi santai, Anda akan merasa tenang tetapi masih sadar. Sementara itu, definisi istirahat juga bisa berbeda-beda.

8. Dapatkan sinar matahari

Matahari adalah sumber vitamin D yang bagus dan penelitian menunjukkan bahwa matahari dapat meningkatkan sikap dan suasana hati. Waktu di luar ruangan Anda juga tidak harus lama. Lima menit langit biru dapat membuat pikiran dan hati Anda benar-benar baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat kesehatan mental
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top