smartCARD, alat untuk mengecek kolesterol melalui handphone di rumah/futurity.org
Health

Ini 10 Cara Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

Alifian Asmaaysi
Kamis, 2 Juni 2022 - 20:00
Bagikan

Berat Badan, Olahraga, dan Rokok

5. Rutin Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Tak hanya diklaim mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah obesitas, olahraga juga dapat membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat). 

150 menit melakukan latihan aerobik setiap minggu dinilai sudah cukup untuk menurunkan kadar kolesterol.

Meskipun olahraga dengan intensitas rendah seperti jalan kaki juga dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik), memperpanjang durasi olahraga Anda secara lebih intens sangat dianjurkan mengingat segudang manfaat dibaliknya. 

6. Pertahankan berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kadar kolesterol tinggi. Setiap 4,5 kg kelebihan lemak menghasilkan sekitar 10 mg kolesterol per hari. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kehilangan antara 5-10 persen berat badan mereka akan secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, serta trigliserida. 

7. Hindari Merokok

Bukanlah rahasia lagi kalau merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Rokok mengandung senyawa kimia beracun yang disebut akrolein yang dapat diserap ke dalam aliran darah melalui paru-paru. Para ilmuwan mempercayai hal tersebut dapat merusak HDL dalam tubuh dan dengan demikian dapat meningkatkan kadar LDL, yang dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro