Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol Secara Alami dan Rasanya Enak

Daftar makanan enak dan sehat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 September 2022  |  08:19 WIB
Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol Secara Alami dan Rasanya Enak
Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada anggapan bahwa untuk mencegah kolesterol tinggi, Anda harus menghindari makanan-makanan enak di sekitar Anda.

Tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan enak yang juga bisa menurunkan kolesterol jahat?

Makanan ini bukan hanya enak, tapi juga mudah didapatkan dan harganya juga murah.

Penasaran makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara alami? Berikut daftarnya dilansir dari Times of India.

1. Seledri, mentimun, jahe & jus mint

Mengandung nutrisi dan antioksidan, minuman ini membantu memurnikan darah dan mengoptimalkan fungsi hati sehingga mengurangi produksi kolesterol LDL. 

2. Makanan kaya serat

Serat membantu menjebak kolesterol dan mencegah tubuh menyerapnya kembali ke dalam aliran darah. Ini membantu menghilangkannya sebagai limbah dari tubuh, menjaga racun secara keseluruhan tetap rendah. Sumber serat yang baik: Biji chia dan rami yang direndam semalaman, sayuran hijau, biji-bijian, buah beri.

3. Gandum

Kaya akan serat, oat juga meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula darah tetap terkendali – membantu mengurangi keinginan makan. Ini membantu dengan manajemen berat badan dan dengan demikian membantu dalam mengendalikan kadar kolesterol.

4. Protein

Meningkatkan asupan protein bersama dengan gerakan fisik yang tepat (latihan kekuatan, berjalan, pilates, yoga) membantu meningkatkan kadar HDL, sekaligus mengurangi kadar LDL. Ini terjadi ketika setiap sel dalam tubuh mengurangi kandungan lemaknya dan meningkatkan kandungan proteinnya. Sumber protein bersih meliputi: telur, salmon, paneer, edamame, kacang hijau, lentil, buncis, kacang merah, kecambah, dan udang.

5. Lemak sehat

Kadar kolesterol tinggi bukan berarti Anda tidak boleh memiliki lemak. Lemak sehat adalah sumber omega 3 yang bagus, yang menjaga kesehatan jantung. Sertakan makanan seperti ghee, alpukat, salmon, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam diet Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar LDL. (Gambar: istock)

6. Pisang

Tinggi kalium dan serat, pisang membantu menjaga keseimbangan gula darah, mengurangi keinginan makan dan menghalangi kolesterol diserap dari usus dalam aliran darah.

7. Jus rumput laut

Memiliki ini dengan perut kosong membantu detoksifikasi hati, membantu menghilangkan racun yang berlebihan, termasuk kolesterol jahat.

8. Coklat hitam

Kakao mengandung flavonoid, sekelompok senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan membantu mengontrol kolesterol. Sesuai penelitian, makan produk cokelat hitam dalam jumlah sedang itu baik. Konsumsi cokelat hitam yang berlebihan bisa berbahaya, karena mengandung lemak jenuh dan gula yang tinggi juga. (Gambar: Pexels)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol makanan sehat makanan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top