Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Waspada! Ini Tanda Paling Awal Kolesterol Anda Tinggi, Jangan Tunggu Sampai Terlambat

Rasa nyeri di kaki, tungkai dan bokong bsa menjadi tanda awal dari kolesterol Anda tinggi
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Oktober 2022  |  15:48 WIB
Waspada! Ini Tanda Paling Awal Kolesterol Anda Tinggi, Jangan Tunggu Sampai Terlambat
smartCARD, alat untuk mengecek kolesterol melalui handphone di rumah - futurity.org
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kolesterol tinggi menumpuk di tubuh Anda dengan perlahan, sehingga tidak menunjukkan gejala yang berarti awalnya.

Oleh karena itu, kolesterol tinggi dan komplikasi penyakit yang menyertainya dijuluki sebagai silent killer.

Sebenarnya, menurut ahli, seperti dilansir dari Express, ada 4 gejala awal kolesterol Anda tinggi yang tidak bisa diabaikan.

Pertama, nyeri di kaki dan tangan tidak dianggap serius. Ini terjadi karena beberapa alasan mulai dari yang normal seperti melakukan aktivitas berat hingga komplikasi yang lebih besar.

Menurut laporan kesehatan, nyeri di kaki adalah tanda peringatan yang nyata dari kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain itu, nyeri di paha, bokong dan betis juga berhubungan dengan kolesterol tinggi.

Laporan tersebut menjelaskan bahwa karena penumpukan plak kolesterol tinggi terjadi di pembuluh darah. Ini mempersempit pembuluh darah dan membatasi aliran darah sehingga otot-otot kaki terasa sakit.

Aliran darah yang berkurang menyebabkan rasa sakit yang khas ketika pekerjaan minimum dilakukan dan hilang ketika orang tersebut beristirahat. Nyeri berpola ini merupakan indikator bahwa otot tidak menerima cukup darah untuk berfungsi.

Nyeri kaki yang khas atau nyeri di paha, betis dan bokong yang disebabkan oleh kolesterol tinggi mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang.

Nyeri kaki dapat terjadi saat melakukan aktivitas fisik kecil atau bahkan berjalan. Sakit, kram, mati rasa di kaki dan kelelahan terjadi dalam interval yang sering.

Dengan aktivitas fisik, otot membutuhkan lebih banyak darah, yang dipengaruhi oleh penyempitan pembuluh darah yang selanjutnya menyebabkan rasa sakit.

Rasa sakit ini hilang saat istirahat dan kembali lagi dengan aktivitas fisik. Dalam istilah medis ini disebut klaudikasio intermiten.

Sehubungan dengan kolesterol tinggi, tanda-tanda seperti rasa terbakar pada kaki, perubahan warna pada kulit kaki, luka pada jari kaki atau kaki, seringnya infeksi kulit pada kaki juga mendesak Anda untuk memeriksakan kolesterol Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol lemak Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top