Pepaya/boldsky.com
Health

Manfaat Konsumsi Pepaya saat Perut Kosong, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Arlina Laras
Senin, 22 Mei 2023 - 12:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi pepaya saat perut kosong dapat memberikan manfaat kesehatan yang maksimal. 

Buah tropis ini sarat dengan vitamin A, B, C, dan E bersama dengan kalsium, serat, magnesium, potasium, dan antioksidan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Pepaya juga mengandung unsur karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu pencernaan hingga meningkatkan kekebalan, dengan adanya segudang manfaat, tak heran apabila buah ini menjadi primadona di meja makan. 

Berikut beberapa manfaat utama yang bisa didapat saat pepaya dikonsumsi di pagi hari. Simak ulasannya. 

Manfaat mengomsumsi pepaya di pagi hari:

1. Memberikan kelegaan pada sembelit

Pepaya adalah buah yang kaya serat, vitamin, dan nutrisi lainnya. Salah satu manfaat kesehatan yang signifikan dari pepaya adalah memberikan kelegaan pada masalah sembelit. 

Konsumsi pepaya saat perut kosong di pagi hari dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan mengatasi masalah perut yang mengganggu.

Kandungan serat dalam pepaya membantu meningkatkan gerakan usus dan memperlancar proses pencernaan. 

Serat yang larut dalam pepaya membantu menyerap air dan membentuk tinja yang lebih lembut, sehingga mempermudah buang air besar dan mengurangi kemungkinan sembelit.

Selain itu, enzim papain yang terkandung dalam pepaya juga dapat membantu memecah protein dalam makanan dan meningkatkan proses pencernaan secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi masalah keasaman dan gangguan pencernaan.

2. Membantu penurunan berat badan

Makan pepaya setiap pagi dapat memberikan kontribusi dalam penurunan berat badan. Pepaya memiliki jumlah kalori yang relatif rendah, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga asupan kalori Anda tetap terkontrol. 

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam pepaya membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Serat dalam pepaya juga berperan dalam meningkatkan pencernaan dan mengoptimalkan fungsi usus. Ini membantu memperlancar proses eliminasi dan mengurangi penyerapan lemak, yang pada gilirannya dapat mendukung penurunan berat badan.

Bagus untuk imun, Kulit, hingga jantung

di halaman berikutnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro