Pepaya/boldsky.com
Health

Manfaat Konsumsi Pepaya saat Perut Kosong, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Arlina Laras
Senin, 22 Mei 2023 - 12:51
Bagikan

3. Meningkatkan imun tubuh

Pepaya memang memiliki kontribusi dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya berperan penting dalam menjaga fungsi kekebalan yang optimal. 

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit, jaringan ikat, dan penyembuhan luka.

Antioksidan lainnya yang terkandung dalam pepaya, seperti karotenoid, likopen, dan vitamin E, juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Mereka membantu melawan peradangan, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Tak hanya itu dengan mengonsumsi pepaya secara teratur, terutama saat perut kosong di pagi hari, dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh dan mendetoksifikasi. Serat yang terkandung dalam pepaya membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan menghilangkan limbah serta racun dari tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung

Pepaya dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Namun, konsumsi pepaya secara teratur dapat membantu mengendalikan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Serat yang terdapat dalam pepaya dapat membantu mengikat kolesterol dalam makanan dan membawanya keluar dari tubuh. Dengan mengurangi penyerapan kolesterol, pepaya dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh dan mencegah penumpukan yang berlebihan.

Selain itu, pepaya juga mengandung potasium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Dengan menjaga tekanan darah tetap terkendali, risiko penyakit jantung dapat berkurang.

5. Memperbaiki sel kulit

Pepaya memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya membantu dalam memperbaiki sel-sel kulit. 

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk elastisitas dan kekuatan kulit. 

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam pepaya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel kulit yang membuatnya terlihat awet muda.

Pepaya juga mengandung likopen, sejenis karotenoid yang memberikan warna merah pada buah tersebut. Likopen adalah antioksidan yang kuat dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan penuaan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro