Gejala ADHD
Health

Tanda-Tanda ADHD pada Orang Dewasa, dari Sering Lupa hingga Impulsif

Salma Permata Dewi
Selasa, 6 Juni 2023 - 16:07
Bagikan

8. Lupa

Lupa merupakan sesuatu yang manusiawi, tetapi bagi seseorang dengan ADHD, kelupaan cenderung lebih sering terjadi. Kelupaan bisa termasuk secara rutin lupa di mana meletakkan sesuatu atau tanggal-tanggal penting.

9. Impulsif

Impulsif bisa berupa menyela orang lain selama percakapan, menjadi tidak pantas secara sosial, terburu-buru, bertindak tanpa banyak mempertimbangkan konsekuensinya. Dan kebiasaan berbelanja. Para peneliti menemukan bahwa pembelian impulsif, terutama pada barang-barang yang tidak mampu dibeli seseorang, adalah gejala umum dari ADHD dewasa.

10. Citra diri negatif

Orang dewasa dengan ADHD seringkali sangat kritis terhadap diri mereka sendiri yang dapat menyebabkan citra diri negatif. Hal ini sebagian disebabkan oleh kesulitan berkonsentrasi. Orang dewasa dengan ADHD mungkin melihat kesulitan sebagai kegagalan pribadi atau kurang berprestasi.

11. Kurangnya motivasi

Kurangnya motivasi umumnya terlihat pada anak-anak dengan ADHD, yang sering merasa sulit untuk fokus pada tugas sekolah, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa. Mereka mungkin merasa sulit untuk fokus dalam jangka waktu yang lama.

12. Kelelahan

Kelelahan dapat memperparah kesulitan memusatkan perhatian. Gejala ini mungkin disebabkan karena hiperaktif, masalah tidur, usaha untuk fokus, efek samping obat ADHD, dan lainnya.

13. Masalah kesehatan fisik

ADHD dapat menyebabkan seseorang mengabaikan kesehatan fisiknya. Stres dan kecemasan juga memiliki efek negatif pada kesehatan fisik. Orang dengan ADHD kemungkinan mengabaikan kesehatan fisiknya, seperti secara kompulsif makan makanan yang tidak seimbang, tidak berolahraga, dan lupa obat-obatan penting.

14. Penyalahgunaan zat

Penyalahgunaan zat mungkin tidak memengaruhi setiap orang dewasa dengan ADHD, tetapi pernyataan konsensus pada 2021 menunjukkan bahwa orang dengan kondisi tersebut lebih mungkin mengalami penyalahgunaan zat daripada orang lain. Penyalahgunaan zat tersebut mungkin seperti penggunaan alkohol, tembakau, atau obat-obatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro