Ilustrasi sendawa/North Sydney
Health

Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Sendawa

Redaksi
Selasa, 26 September 2023 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir Setiap orang pernah mengalami sendawa, namun bingung apa yang menjadi penyebab terjadinya sendawa.

Sendawa adalah tindakan ketika tubuh mengeluarkan udara dari perut melalui mulut. Hal ini terjadi karena perut berisi udara yang tertelan.

Pada umumnya, penyebab terjadinya sendawa karena makan terlalu cepat atau terburu-buru, meminum minuman berkarbonasi dan mengalami kecemasan.

Sendawa biasanya sering terjadi pada bayi atau anak-anak. Hal ini terjadi karena bayi lebih banyak menelan udara saat menyusu.

Sedangkan pada orang dewasa, sendawa biasanya terjadi karena kebiasaan seseorang setelah makan atau hanya ingin menghilangkan keadaan perut yang tidak enak.

Mengutip healthline.com pada Selasa (26/09/2023), berikut adalah penyebab terjadinya sendawa:

1. Aerofagia

Aerofagia adalah keadaan menelan udara secara berlebihan karena makan terlalu cepat atau minum terlalu cepat.

Tidak hanya itu, Aerofagia juga dapat terjadi ketika berbicara dan makan pada saat yang bersamaan, mengunyah permen karet, mengisap permen yang keras, minum melalui sedotan, merokok, memakai gigi palsu yang tidak pas, mengalami serangan kecemasan, dan hiperventilasi.

2. Makanan dan Minuman

Beberapa makanan dan minuman juga bisa menyebabkan lebih sering bersendawa. Minuman yang menyebabkan sendawa adalah minuman berkarbonasi dan alkohol.

Sedangkan makanan yang bisa menyebabkan sendawa adalah jenis makanan tinggi pati, gula, atau serat yang menyebabkan gas.

3. Obat-obatan

Tidak hanya makanan atau minuman, ternyata menelan obat-obatan pun dapat menyebabkan sendawa. Hal ini biasanya terjadi ketika menelan obat diabetes tipe 2 yang disebut acarbose
obat pencahar, seperti laktulosa dan sorbitol, obat pereda nyeri, seperti naproxen, ibuprofen, dan aspirin, serta
penggunaan obat pereda nyeri yang berlebihan.

4. Kondisi Medis

Ternyata, kondisi Medis juga bisa menyebabkan sendawa. Hal ini karena sendawa menjadi gejala awal untuk beberapa kondisi medis seperti, gastritis, tukak lambung, intoleransi laktosa, sorbitol, serta kondisi khusus medis lainya.

Setelah mengetahui penyebab sendawa, kamu harus tahu juga jika sendawa sebenarnya bisa diobati.

Ketika kamu mengalami sendawa secara terus menerus, kamu dapat berbaring miring lalu menekuk lutut hingga bertemu dada. Tahan posisi tersebut hingga udara keluar.

Jika sendawa terjadi secara terus-menerus dan tidak berhenti, anda dapat mendatangi rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro