Ikan hasil tangkapan nelayan di Aceh./Bloomberg-Dimas Ardian
Health

Ajaib, 13 Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

Redaksi
Selasa, 7 November 2023 - 12:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ikan mengandung nutrisi penting, seperti asam lemak omega-3 dan merupakan sumber protein yang bagus untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Harganya yang tergolong murah dan keadaan Indonesia yang strategis dengan banyaknya perairan membuat ikan mudah ditemukan. 

Sayangnya, konsumsi ikan masih tergolong rendah di kalangan masyarakat. Untuk itu penting menyadarkan manfaat yang ditemukan dari konsumsi ikan seperti peningkatan kesehatan otak hingga menurunkan depresi. Bukan hanya itu, konsumsi ikan ternyata memiliki manfaat yang tidak disadari seperti melawan jerawat. 

Dilansir berbagai sumber, berikut manfaat konsumsi ikan yang wajib diketahui:

1. Tinggi Nutrisi

Ikan dikemas dengan protein berkualitas tinggi, yodium dan berbagai vitamin dan mineral. Sumber protein sangat penting untuk menjaga kesehatan otot, organ dan pembuluh darah. Protein membantu mendukung pembelahan sel, pertumbuhan rambut dan bahkan sinyal hormon. 

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Ikan dianggap sebagai makanan paling menyehatkan jantung. Asam lemak omega menurunkan risiko penyakit jantung. Asam lemak omega-3 berguna sebagai nutrisi pencegahan dan pengurangan penyakit jantung koroner bila dikonsumsi secara teratur. 

Asam lemak dipercaya meminimalkan plak koroner, menurunkan kadar trigliserida dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ikan kaya akan jenis lemak yang dikenal sebagai asam lemak omega 3. Kadar asam lemak omega-3 yang rendah dalam darah mempercepat penuaan otak, termasuk gejala seperti kehilangan ingatan dan gangguan kognitif.

Faktanya, rendahnya kadar asam lemak omega ini telah dikaitkan dengan penyusutan otak seiring bertambahnya usia. Oleh Karena itu, konsumsi lebih banyak ikan membuat penurunan mental lebih lambat. 


4. Mencegah dan Mengobati Depresi

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 berpotensi melawan depresi dan sangat meningkatkan kemanjuran obat antidepresan.  Asam lemak omega 3  membantu fungsi otak lebih efisien.


5. Sumber Vitamin D

Salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin D terbesar adalah ikan dan produk ikan. Konsentrasi terbesar terlihat pada ikan berlemak seperti salmon dan herring. Menurut The National Institutes of Health , vitamin D bermanfaat untuk penyerapan kalsium untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. 


6. Mengurangi Risiko Kolesterol 

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan membantu menurunkan kadar LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui membantu menurunkan lipid pembentuk kolesterol dalam darah.


7. Mencegah Asma Pada Anak

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin makan ikan memiliki 24% penurunan kemungkinan terkena asma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro