Gigi kuning/istimewa
Health

Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya

Redaksi
Selasa, 21 November 2023 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penampilan seseorang kini menjadi fokus utama dalam aktivitas sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri, penampilan seseorang adalah hal pertama yang meninggalkan impresi. Salah satu bagian tubuh yang sangat diperhatikan adalah warna gigi.

Gigi kuning adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, gigi kuning dinilai mengganggu penampilan yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning, mulai dari makanan dan minuman hingga kebiasaan sehari-hari.

1. Terlalu sering menggunakan obat kumur

Membersihkan gigi dengann obat kumur adalah langkah yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Namun, penggunaan obat kumur secara terus menerus tidak dianjurkan.

Kadar asam yang tinggi terkandung pada obat kumur sangat tinggi, sehingga penggunaan obat kumur yang berlebihan akan membuat mulut menjadi kering.

Jika mulut kering, air liur yang secara alami dihasilkan oleh tubuh berkurang sehingga berdampak pada rusaknya email gigi.

2. Konsumsi Kopi Terlalu Sering

Meskipun para peneliti berpendapat bahwa kopi dapat menghasilkan beberapa manfaat kesehatan, namun kopi juga dapat menyebabkan kuning pada gigi.

Kopi mengandung kafein dan kromogen yang tinggi. Kedua zat ini berpotensi menyebabkan perubahan warna gigi menjadi kuning dan terjadi dalam waktu yang cepat.

3. Merokok

Nikotin dari merokok tidak hanya menimbulkan kecanduan yang tidak sehat, tetapi juga meninggalkan noda permukaan kekuningan atau kecoklatan pada gigi.

Warna gigi dapat berubah menjadi kuning bahkan hitam jika melakukan kebiasaan ini selama bertahun-tahun.

4. Kurang menjaga kebersihan mulut

Jika kamu tidak menggosok gigi dan berkumur secara rutin, maka hal ini akan mempercepat proses penguningan pada gigi.

Jarang menggosok gigi membuat adanya penumpukan plak yang merupakan akar dari semua permasalahan gigi dan mulut. Plak berasal dari bakteri sisa makanan yang tertinggal di sela sela gigi.

Ubah kebiasaan buruk malas menggosok gigi, hal itu akan membuat gigi rusak secara perlahan, selain itu juga menyebabkan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap.

5. Menyikat terlalu keras

Kebanyakan orang terlalu bersemangat ketika menyikat gigi karena menganggap cara tersebut bisa membuat gigi akan jauh lebih bersih.

Padahal, menyikat gigi terlalu keras akan merusak dan mengikis lapisan enamel yang tipis. Sehingga lapisan dentin pun terekspos sehingga menyebabkan gigi menguning.

Jika gigi anda sudah mulai menguning, tanyakan kepada dokter gigi opsi pemutih yang efektif dan juga saran untuk mengubah kebiasaan Anda.

Banyak cara untuk mencerahkan gigi dan menjaga agar tidak menguning.

Beberapa perubahan gaya hidup lainnya dapat membantu mencegah perubahan warna gigi:

•Jika Anda seorang peminum kopi atau perokok, pertimbangkan untuk mengurangi atau berhenti.

•Minum dengan sedotan. Ini dapat membantu menghilangkan noda saat Anda minum soda, jus, es kopi, atau teh. Cairan tidak akan mendekati permukaan depan gigi Anda.

•Tingkatkan kebersihan gigi Anda dengan menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang , dan menggunakan obat kumur antibakteri setiap hari.

•Periksakan gigi Anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Ini akan menjaga mulut Anda tetap sehat dan membuat Anda tersenyum lebih cerah.

•Jika warna gigi Anda berubah tanpa penjelasan yang jelas dan gejala lain juga muncul, buatlah janji bertemu dokter gigi. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro