Kecerdasan emosional
Health

13 Ciri Anda Punya Masalah Kontrol Emosi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 9 Januari 2024 - 19:30
Bagikan

7. Sering Kali Diliputi Penyesalan Setelah Meledak-Ledak

Setelah Anda punya waktu untuk menenangkan diri, Anda mungkin melihat kembali ledakan kemarahan Anda dan merasa tidak enak karenanya. Siklus kemarahan yang diikuti penyesalan menunjukkan kurangnya kendali atas emosi Anda. Ini adalah pola yang tidak hanya menyebabkan stres bagi Anda tetapi juga merusak hubungan Anda seiring berjalannya waktu. 

8. Kesehatan Fisik Anda Tidak Bagus.

Anehnya, kemarahan kronis juga mulai berdampak buruk pada kesehatan fisik Anda. Anda mungkin sering mengalami sakit kepala, tekanan darah tinggi, atau bahkan masalah pencernaan akibat kemarahan tersebut. 

9. Menggunakan Amarah Anda Untuk Mengintimidasi Orang Lain.

Jika Anda menggunakan amarah sebagai cara untuk mengintimidasi atau mengendalikan orang lain, itu adalah masalah serius. Perilaku ini dapat menciptakan lingkungan yang beracun, baik di rumah, di tempat kerja, atau bahkan di grup teman Anda. 

10. Tidak Bisa Mengakui Bahwa Anda Kadang-Kadang Marah.

Terkadang, Anda mungkin orang terakhir yang menyadari atau mengakui bahwa Anda sedang marah. Anda mungkin menganggap ledakan kemarahan Anda sebagai sesuatu yang “bersemangat”, tetapi penolakan hanyalah mekanisme pertahanan yang mencegah Anda menghadapi masalah kemarahan Anda. 

11. Selalu Sinis Dan Negatif.

Bersikap sinis atau negatif sering kali merupakan akibat dari kemarahan yang tidak terselesaikan. Anda selalu mengharapkan yang terburuk dalam suatu situasi atau orang, dan itu berarti Anda menjadi lebih cepat marah karena pada dasarnya Anda selalu mengantisipasi konflik atau kekecewaan. 

12. Merasa Orang Lain Selalu Berusaha Memprovokasi Anda.

Anda mungkin merasa ada orang yang sengaja mencoba membuat Anda marah padahal sebenarnya tidak. Namun, perasaan ini bisa membuat Anda bersikap defensif dan akhirnya bertindak agresif dalam situasi di mana tidak ada niat untuk menyakiti. 

13. Hubungan Anda Menjadi Semakin Tegang.

Jika semua hubungan Anda, baik pribadi maupun profesional, mulai berantakan, hal itu mungkin disebabkan oleh kemarahan Anda. Teman mungkin mulai menjauhkan diri, ketegangan keluarga mungkin meningkat, dan Anda mungkin menghadapi drama di tempat kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro