5 Makanan Superfood untuk Meningkatkan Daya Ingat
Health

5 Makanan Superfood untuk Meningkatkan Daya Ingat

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Januari 2024 - 11:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring usia, kemampuan Anda dalam berpikir atau mengingat biasanya menurun karena fungsi kognitif mengendur.

Kekuatan memori, yang merupakan aspek kunci kesehatan kognitif, dapat ditingkatkan melalui berbagai pilihan gaya hidup, termasuk pola makan kaya nutrisi.

Menurut Ekta Singhwal, ahli gizi, Ujala Cygnus Group of Hospitals dilansir dari Indianexpress, makanan super diyakini penting untuk meningkatkan daya ingat karena kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang mendukung kesehatan otak.

“Nutrisi ini berkontribusi terhadap fungsi kognitif yang lebih baik dan dapat melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia,” katanya.

Berikut lima makanan super yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan kekuatan memori.

1. Blueberry

Blueberry sering disebut sebagai “brain berry” karena kaya akan kandungan antioksidan yang disebut flavonoid. Senyawa ini telah dikaitkan dengan peningkatan memori dan fungsi kognitif.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi blueberry secara teratur dapat membantu menunda penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet Anda untuk meningkatkan daya ingat.

2. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, trout, dan sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 yang melimpah, khususnya asam docosahexaenoic (DHA). Omega-3 sangat penting untuk kesehatan otak, dan DHA khususnya merupakan komponen struktural utama otak.

Mengonsumi ikan berlemak ke dalam makanan Anda dapat mendukung fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan berpotensi mengurangi risiko penurunan kognitif terkait usia.

3. Brokoli

Brokoli tidak hanya merupakan pembangkit tenaga nutrisi bagi tubuh tetapi juga untuk otak. Kaya akan antioksidan dan vitamin K, brokoli mendukung fungsi otak yang sehat dan berkontribusi terhadap retensi memori yang lebih baik.

Brokoli merupakan sumber vitamin C dan K. Selain itu, tingginya kadar senyawa yang disebut glukosinolat telah dikaitkan dengan pencegahan penurunan kognitif.

4. Cokelat Hitam 

Kabar baik bagi pecinta coklat – coklat hitam mengandung flavonoid, kafein, dan antioksidan, menjadikannya camilan yang lezat untuk otak Anda. Antioksidan dalam coklat hitam, yang dikenal sebagai flavonoid kakao, telah dikaitkan dengan peningkatan memori dan fungsi kognitif. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70% untuk mendapatkan manfaat maksimal.

5. Kunyit

Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat melewati sawar darah-otak dan berpotensi membersihkan akumulasi plak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Memasukkan kunyit ke dalam makanan Anda atau mengonsumsi suplemen kurkumin dapat berkontribusi pada peningkatan daya ingat dan kesehatan otak secara keseluruhan.

Ingat, pola makan yang seimbang dan bervariasi, ditambah dengan olahraga teratur dan tidur yang cukup, merupakan landasan bagi pikiran yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro