6 Cara Mengelola Emosi untuk Jaga Kesehatan Mental/Freepik.com
Health

6 Cara Mengelola Emosi untuk Jaga Kesehatan Mental

Redaksi
Sabtu, 2 Maret 2024 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam keadaan tertentu, emosi bisa muncul dan memengaruhi pikiran dan suasana hati seseorang. Umumnya, emosi terjadi ketika seseorang merasa sakit hati atas perbuatan atau trauma tertentu.

Penting bagi seseorang untuk mengontrol emosi agar dapat menjaga kesehatan mental.

Emosi yang tidak stabil mampu merenggut kondisi pikiran seseorang sehingga sulit berpikir secara rasional, hal ini akan mengakibatkan stress, gangguan hormon, sampai sulit beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Oleh sebab itu, mengontrol emosi harus dilakukan agar tubuh tidak mengalami stress yang bisa berdampak pada kesehatan mental.

Dari berbagai sumber dihimpun Bisnis, ada beberapa tips untuk mengelola emosi, yaitu:

1. Mengatur Napas

Mungkin mengatur napas terlihat sepele untuk dipraktikan. Nyatanya hal ini dapat membantu agar emosi bisa terkontrol dengan baik. Penelitian pada tahun 2018 menyebutkan mengatur napas mampu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membuat tubuh menjadi rileks.

Anda bisa menarik napas selama 4 detik dan menghembuskannya secara perlahan selama 4 detik. Ulangi langkah tersebut sebanyak 3 kali atau hingga emosi sudah mulai larut.

2. Olahraga

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa olahraga dapat menyehatkan fisik dan pikiran. Olahraga mampu meningkatkan suasana hati dan pikiran menjadi lebih baik. Anda bisa melakukan yoga, jalan santai, dan meditasi.

3. Memikirkan Dampak Emosi

Saat emosi, cobalah pikirkan dampak-dampak yang terjadi terhadap orang lain maupun diri sendiri. Hal ini akan membantu pikiran menjadi lebih baik dan tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan pihak-pihak tertentu.

4. Lampiaskan dengan Menulis

Tuangkanlah emosi yang berada di pikiran ke dalam sebuah tulisan. Lewat cara ini, emosi tersalurkan secara baik sekaligus membantu untuk mengidentifikasi setiap permasalahan yang memicu emosi.

5. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Terkadang kesibukan sehari-hari membuat seseorang melupakan bahwa dirinya membutuhkan waktu luang untuk diri sendiri. Waktu luang ini bisa diisi dengan kegiatan favorit, seperti bermain game, traveling, olahraga, menonton film, hingga membaca buku. Dengan cara ini, pikiran akan lebih tenang dalam menghadapi segala situasi.

6. Bertemu Ahli
Anda bisa bertemu dengan psikolog untuk menceritakan segala bentuk emosi yang membebani diri. Langkah ini bisa Anda lakukan jika emosi sudah sulit terkontrol dan mengganggu kesehatan mental. Beberapa orang memang membutuhkan teman cerita untuk meluapkan emosi yang dialaminya. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro