Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek 10 Makanan yang Sehat dan Berbahaya Bagi Jantung

Makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  18:38 WIB
Cek 10 Makanan yang Sehat dan Berbahaya Bagi Jantung
Irisan ikan salmon di pasar swalayan - Reuters/Lucy Nicholson
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Mengetahui makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan dapat memengaruhi risiko penyakit jantung.

Faktanya, makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kadar kolesterol, dan peradangan, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Berikut 5 makanan yang sehat bagi jantung, dilansir dari Web MD:

1. Salmon

Salmon adalah makanan terbaik untuk kesehatan jantung dan kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah. Dapat menurunkan trigliserida dan mengekang peradangan. The American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya seminggu.

2. Tuna

Seringkali lebih murah daripada salmon, tuna juga memiliki omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki lebih banyak omega-3 daripada varietas tuna lainnya. Cobalah memanggang steak tuna dengan lemon. Dapatkan juga sumber omega-3 lainnya dari makarel, herring, sarden, dan teri. Pilih ikan tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak agar jantung tetap sehat.

3. Kacang Almond

Almond iris cocok dipadukan dengan sayuran, ikan, ayam, dan makanan penutup. Almond memiliki sterol, serat, dan lemak sehat jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol LDL "jahat". Ambil segenggam kecil sehari dan panggang untuk meningkatkan rasa lembutnya

4. Tofu

Dengan mengonsumsi tofu, maka Anda akan mendapatkan protein kedelai vegetarian dengan mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Anda dapat mengambil rasa dari rempah-rempah atau saus yang Anda gunakan untuk memasaknya. Tambahkan tofu ke sup untuk protein dengan sedikit tambahan lemak.

5. Ubi jalar

Dengan indeks glikemik yang lebih rendah daripada kentang putih, ubi jalar ini tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Memiliki serat, vitamin A, dan likopen. Tingkatkan rasa manis alami dengan taburan kayu manis dan air jeruk nipis sebagai pengganti topping manis.

Berikut 5 makanan yang berbahaya bagi jantung, dilansir dari Web MD:

1. Pizza

Pizza bisa menjadi sehat jika Anda membuatnya dengan cara yang benar, tetapi sebagian besar pizza memiliki jumlah natrium, lemak, dan kalori yang mengejutkan, yang semuanya dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Saat Anda memesan, pilih pizza dengan lebih sedikit keju dan hindari atau sosis yang sarat dengan garam.

2. Mentega

Mentega mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi. Anda lebih baik mengganti mentega dengan minyak zaitun atau olesan berbasis minyak nabati, yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, olesan dengan stanol bahkan lebih baik.

3. Kentang Goreng

Kentang goreng dari restoran dan tempat makanan cepat saji memiliki banyak lemak dan garam, yang merupakan kabar buruk bagi jantung Anda. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan kentang goreng atau kentang goreng 2 sampai 3 kali seminggu lebih mungkin untuk meninggal lebih awal. Buat kentang goreng panggang Anda sendiri dengan minyak zaitun yang menyehatkan jantung.

4. Es Krim

Es krim mengandung gula, kalori, dan lemak jenuh yang tinggi. Makan makanan yang sarat dengan lemak dan gula menyebabkan penambahan berat badan. Ini juga dapat menaikkan trigliserida Anda dan menyebabkan serangan jantung. Kurangi kalori dan lemak Anda dengan memilih yogurt beku rendah lemak.

5.  Keripik Kentang

Keripik kentang adalah salah satu makanan yang paling berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Tidak hanya sarat dengan lemak jenuh, makanan ini juga mengandung garam yang juga terkait dengan penyakit jantung. Hindari keripik kentang rendah sodium atau rendah lemak. Cari camilan lain yang bergizi dengan menggabungkan protein, karbohidrat, dan lemak sehat, misalnya biskuit gandum utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung makanan ikan tuna kentang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top