Tes urine/genengnews.com
Health

Bahaya, Ini Risiko Menahan Kencing dan Penyakit yang Bisa Timbul

Elsa Hayati Sukma
Senin, 27 Februari 2023 - 12:50
Bagikan

3. Peregangan kandung kemih 

Dalam jangka panjang jika terus melakukan menahan kencing dapat menyebabkan kandung kemih meregang. Hal ini dapat membuat kandung kemih berkontraksi dan sulit untuk mengeluarkan kencing secara normal. Jika mengalami hal seperti ini dibutuhkannya tindakan ekstra seperti kateter. 

4. Kerusakan otot dasar panggul 

Salah satu efek menahan kencing dapat menyebabkan kerusakan otot dasar panggul. Salah satu otot ini adalah sfingter uretra, yang menjaga uretra tetap tertutup untuk mencegah kebocoran urin. Merusak otot ini dapat menyebabkan inkontinensia urin. 

5. Batu Ginjal

Menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal terbentuk pada orang dengan riwayat kondisi tersebut, atau pada mereka yang memiliki kandungan mineral tinggi dalam urinnya karena kencing mengandung mineral seperti asam urat dan kalsium oksalat. 

6. Retensi urin

Retensi urin  yang cenderung tidak diketahui dan dapat menyebabkan komplikasi serupa yaitu Otot kandung kemih melemah, kerusakan saraf sistem, gangguan gagal ginjal. 

Hal tersebut berdampak banyak pada kesehatan, untuk itu mari membiasakan diri untuk tidak menahan kencing agar terhindar dari penyakit yang telah disebutkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro