Orang sedang membaca hasil tes kolesterol/freepik
Health

3 Gejala Kolesterol Tinggi di Mata Anda

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 Oktober 2023 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Seorang dokter memperingatkan bahwa peningkatan kadar kolesterol dapat menjadi “bom waktu”, tidak hanya bagi jantung, namun juga bagi mata Anda.

Mulai dari penyakit jantung hingga kehilangan penglihatan,  lemak jahat ini dapat menjadi penyebab berbahaya bagi berbagai masalah kesehatan.

Dr Saya Nagori, seorang ahli mata dan pendiri Eye Facts, membagikan tiga tanda bahaya yang dapat Anda lihat di wajah Anda.

“Kolesterol tinggi tidak hanya berdampak pada jantung; ia menjulurkan sulurnya ke mata. Gagal menanganinya dapat menyebabkan xanthelasma, endapan kuning di sekitar mata.” tuturnya dilansir dari Express.

Tanda pertama yang harus diwaspadai adalah adanya benjolan berwarna putih kekuningan yang terbentuk di kelopak mata atas dan bawah.

“Ini mungkin tampak dangkal pada pandangan pertama, tapi ini adalah papan reklame yang mengiklankan masalah kesehatan yang mendasarinya,” tambah dokter tersebut.

Tanda peringatan lain yang mungkin menyerang mata Anda adalah kondisi yang disebut Arcus senilis.

Arcus senilis mengacu pada cincin berwarna putih, abu-abu muda, atau kebiruan di sekitar tepi kornea, yaitu bagian transparan mata yang menutupi iris dan pupil. Namun, “ancaman paling buruk” datang dalam bentuk plak Hollenhorst, yang dapat membahayakan pembuluh darah mata dan menimbulkan risiko pada penglihatan, dokter memperingatkan.

Plak Hollenhorst adalah plak yang sangat serius dan berpotensi membutakan yang terlihat di dalam salah satu arteri kecil di mata.

American Heart Association Journals menyatakan bahwa plak ini mengacu pada emboli kolesterol refraktil berwarna kuning dan oranye.

Singkatnya, meskipun kesehatan jantung sering kali menjadi pusat perhatian dalam perbincangan tentang kolesterol, kita tidak boleh mengabaikan narasi diam yang ditawarkan oleh mata kita. 

“Ketika mata kita mengisyaratkan suatu masalah mendasar, itu bukan sekedar kekhawatiran mata. Hal ini merupakan seruan untuk bertindak secara holistik, yang mendesak kita untuk menjaga kesehatan kardiovaskular dan penglihatan.”

Meskipun semua tanda pada mata ini dapat menjadi peringatan, NHS mengatakan cara paling andal untuk menentukan kadar kolesterol Anda adalah melalui tes darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro