Ilustrasi kulit merah
Health

Kulit Anak Disentuh Sembarangan, Ini Risiko yang Bisa Muncul

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 24 Maret 2024 - 18:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa waktu lalu Valencia Tanoesoedibjo mencurahkan kekesalannya saat pipi anaknya dipegang oleh orang asing. Hal itu disampaikan melalui akun instagram pribadinya.

Menurutnya hal itu tidak pantas dilakukan. Terlebih anak pertamanya itu baru berusia beberapa bulan, di mana rentan terpapar penyakit.

“Ga sengaja satu lift sama sepasang bapak-bapak dan ibu-ibu, kebetulan aku berdua sama Avery. Si ibu-ibu nanya Avery usia berapa dan basa-basi,
ya of course, aku jawab sopan dan seadanya. Eh, tiba-tiba tangannya cubit pipi Avery sama pegang tangannya, honestly, aku kaget banget,” cuitnya di akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu (24/03/2024).

“Ya masa garau etika sih. Kita kan ga kenal ya, masa main comot anak orang yang jelas-jelas juga udah dikasih tau masih 2 bulan. Etika yang baik itu kalau ga kenal jangan main comot anak orang, dan kalau kenal pun, harus make sure tangan kita bersih baru boleh pegang,” sambungnya.

Masalah kebersihan memang menjadi prioritas orang tua kepada anak yang masih beberapa bulan. Bukan tanpa sebab, dilansir dari Cleveland Clinic, anak baru menginjak usia 2-3 bulan belum mempunyai sistem kekebalan yang kuat.

“Sistem kekebalan bayi belum matang sampai mereka berusia sekitar dua hingga tiga bulan,” kata Dr. Camille Sabella, MD.

Artinya, bukan tidak mungkin anak pertama dari Kevin Sanjaya itu tertular penyakit dari orang lain. Apalagi, kebersihan dari orang tersebut masih diragukan. Wajar saja jika Valencia merasa kesal atas tindakan tersebut. Pasalnya, dilansir dari dp3appkb.bantulkab.go.id, anak yang disentuh sembarangan oleh orang lain berisiko terjangkit beberapa penyakit, yakni:

1. Infeksi Virus RSV

Respiratory Syncytial Virus (RSV) adalah virus yang menginfeksi paru-paru atau saluran pernapasan. Virus ini sangat rentan terjangkit oleh anak-anak yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Hal ini membuat bayi sulit bernapas, bahkan dalam kondisi tertentu menyebabkan prematur hingga memengaruhi jantung dan otak.

2. Herpes Simplex Tipe 1

Pada umumnya penyakit ini disebabkan saat bayi dicium. Bayi yang terpapar virus ini akan mengalami reaksi luka lecet pada pipi atau bibir, kemudian bisa menyebar ke bagian wajah lainnya. Ketika tidak ditangani dengan cepat, akan ada peradangan pada otak bayi.

3. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM)

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak berusia di bawah 10 tahun. Saat virus ini menjangkit anak-anak, akan menimbulkan ruam, bisul, dan sariawan di sekitar mulut serta demam. PTKM sangat rentan menyerang anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

4. Alergi

Anak yang disentuh atau dicium orang lain menimbulkan alergi, hal ini diakibatkan dari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia. Akibatnya, kulit pada bayi akan mengalami iritasi.

Oleh sebab itu, jangan pernah sesekali menyentuh anak bayi jika kondisi tubuh belum bersih atau sedang sakit. Apalagi sampai menyentuh di area sekitar wajah yang mempermudah virus masuk kedalam tubuh sang bayi. Tak hanya itu, cobalah untuk bersikap sewajarnya kepada bayi orang lain agar tidak menimbulkan perselisihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro